Senin, 19 Oktober 2015

Atasi insomnia secara alami

Atasi insomnia secara alami

Atasi insomnia secara alami ~ Tidur adalah kebutuhan dasar setiap orang. Orang dengan tidur yang tidak berkualitas atau kebutuhan malamnya tidak terpenuhi dengan baik, maka akan mengalami gangguan pada kesehatan baik secara fisik ataupun secara emosional.


Insomnia adalah gangguan kesehatan berupa kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur meskipun memiliki kesempatan untuk tidur. Tidur yang sering dipandang sebagai aktifitas pemalas ini sebetulnya sangatlah peting dan sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan otak. Bagi anak-anak dan usia remaja, tidur cukup dibutuhkan untuk pertumbuhan. Tidur cukup juga diperlukan untuk kesehatan tubuh seperti mendukung metabolisme gula untuk mencegah diabetes. Gangguan tidur (insomnia) yang tidak diobati dapat mempengaruhi pola dasar perilaku yang negatif serta dapat mengganggu kesehatan keluarga dan hubungan intrapersonal, selain itu gangguan tidur juga mengganggu keberhasilan anak-anak di sekolah dan menggaggu kenyamanan kerja dan aktifitas lainnya di siang hari karena konsentrasi terganggu akibat kebutuhan tidur di malam hai tidak tercukupi.

Penderitaa insomnia terancam
  • Penurunan konsentrasi
  • Masalah kesehatan serius : penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, darah tinggi, stroke dan diabetes
  • Gairah seks menurun
  • Depresi
  • Penuaan dini
  • Mempengaruhi kesehatan kulit
  • Penurunan daya ingat (pelupa)
  • Obesitas
  • Resiko kematian dini
Untuk mengatasinya, berikut ini adalah beberapa cara untuk Atasi insomnia secara alami
  • Menjaga jadwal reguler
    Pergi tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari akan memprogram tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Pilih waktu saat anda mersa mulai mengantuk.
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur
    Kamar tidur Anda seharusnya memang didesain untuk tempat beristirahat. Upayakan agar kondisinya selalu tenang dan segelap yang Anda bisa. Suhu di kamar pun perlu dijaga agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Temperatur, cahaya, dan suara harus dapat dikontrol agar lingkungan kamar tidur dapat membantu Anda dapat tidur pulas.
  • Pastikan kasur anda nyaman
    Akan sangat sulit menikmati tidur nyenyak diatas kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras, ukurannya terlalu kecil atau kasur yang sudah usang. Jika anda memiliki hewan peliharaan dan sering membuat suara keras hingga sering membangunkan anda di malam haru, pindahkan ke tempat yang setidaknya tidak terlalu membuat berisik hingga mengganggu tidur malam anda.
  • Rutin berolahraga
    Olahraga yang sederhana namun rutin dilakukan seperti renang atau berjalan kaki dapat membantu anda melepaskan ketegangan yang terbentuk setiap hari. Pastikan anda tidak melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur karena malah akan membuat anda terus terjaga.
  • Kurangi kafein
    Hindari konsumsi minuman yang dapat menjadi stimulant seperti kopi atau teh, terutama di malam hari karena kafein akan menginterfensi proses untuk mengantuk dan kafein akan mencegah Anda tertidur pulas. Efek dari kafein dapat bertahan hingga 24 jam, sehingga efek dari kafein terhadap tidur nyenyak Anda sangat signifikan. Sebaiknya Anda minum susu hangat atau teh herbal.
  • Jangan terlalu menuruti kesenangan
    Terlalu banyak makanan dan minuman beralkohol terutama di malam hari dapat mengganggu pola istirahat malam anda. Alkohol mungkin akan membantu Anda merasa ngantuk di awal, namun tidka lama kemudian akan mengacaukan tidur Anda di malam hari.
  • Jangan merokok
    Rokok memberikan efek buruk untuk tidur anda. Para perokok butuh waktu yang lebih lama untuk akhirnya jatuh tertidur, sering kali terbangun dan sering kali terganggu tidurnya.
  • Cobalah lebih santai
    Mandi air hangat, mendengarkan music yang tenang, atau melakukan yoga untuk membuat tubuh dan pikiran lebih tenang. Dokter Anda mungkin dapat merekomendasikan CD berisi musik relaksasi.
  • Tuliskan yang anda pikirkan
    Buat daftar dari hal-hal yang harus Anda kerjakan esok hari (rencana kerja, tugas rumah tangga, kekhawatiran, dan lain lain), sebelum tidur malam. Jangan lakukan saat Anda sudah berada di atas tempat tidur agar tidak membuat Anda terjaga karena otak sibuk berpikir.
  • Lupakan dulu hal yang membuat anda khawatir
    Jika Anda tidak dapat memejamkan mata dan tertidur, jangan berbaring di sana dan sibuk memikirkan penyebabnya. Turun dari ranjang dan lakukan sesuatu yang dapat membuat pikiran Anda santai sampai Anda kembali merasakan kantuk, lalu kembalilah ke kamar tidur.
Atasi insomnia secara alami

Ketika usia bertambah, fungsi fisiologis otak untuk mengatur tidur akan melemah. Selain itu, selalu bekerja dalam lingkungan kerja tidak nyaman, tekanan tinggi dan lelah akan emnyebabkan insomnia, kualitas dan keadaan tidur yang buruk, mimpi, dysporia dan amnesia. 

Insomnia jangka panjang dan kualitas tidur yang buruk akan menyebabkan kekebalan tubuh menurun dan mempercepat penuaan tubuh kita. Sleep Care Capsule Green World dibuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan alami, menggunakan tanaman herbal alami untuk membantu anda tidur dengan nyenyak.

Khasiat dan kegunaan :
  • Mengatur dan meningkatkan kualitas tidur
  • Membuat tidur nyenyak, meningkatkan kemampuan berfikir dan daya ingat
  • Menyediakan xat gizi yang diperluikan sistem saraf, meningkatkan pertumbuhan sel saraf, memperbaiki sirkulasi darah, perbaikan saraf, membatasi kegiatan sel pallium dan mengembalikan konduksi normal neurotransmitter otak.
Kelompok pemakai :

Dewasa, penderita insomnia yang memiliki kualitas tidur buruk dan mudah terbangun.

Pesan Sleep Care Sekarang Juga



Share this

0 Comment to "Atasi insomnia secara alami"

Posting Komentar