Senin, 07 Desember 2015

Penyebab mata juling pada anak

Penyebab mata juling pada anak

Penyebab mata juling pada anak ~ Mata juling atau strabismus adalah suatu ganggua pada mata yang menyebabkan etak kedua mata tidak sejajar antara satu dengan lainnya. Contohnya ketika melihat ke satu arah, kedua bola mata pada penderita juling tidak searah (satu mata melihat lurus, satu yang lainnya melihat ke arah lain). Kondisi ini bisa terjadi pada usia berpapaun termasuk pada anak-anak.

Mata yang juling dapat mengarah ke dalam (konvergen), keluar (divergen), atau satu mata lebih tinggi dari mata lainnya. Strabismus dapat menyebabkan penurunan binocular atau penglihatan stereo (3D), dan strabismus pada anak dapat berkembang menjadi mata malas (ambliopia). 

Ciri-ciri penyakit mata juling
  • Fokus mata bayi baru optimal pada usia 3-6 bulan. Maka anda dapat melakukan test kepekaan fokus pada bayi dimulai pada usia 3 bulan. Arahkan warna dan mainan yang dia sukai, amati apakah fokus kedua matanya tertuju pada obejek yang sama atau tidak. Apabila mengalami perbedaan fokus anda jangan terburu-buru mengatakan bahwa bayi anda juling sebelum usia bayi anda 6 bulan.
  • Lakukan test mata pada saat usia bayi anda 6 bulan caranya adalah dengan permainan sederhana di rumah. Sorotkan cahaya senter pada arah tengah tengah diantara kedua mata bayi. Sehingga anda dapat mendeteksi refleks cahaya dari mata bayi di tengah tengah bola mata atau tidak. Bayi yang mendeteksi ditengah-tengah anda dapat bernapas lega karena memang mata bayi anda tidak memiliki masalah sedangkan pada bayi yang tidak di tengah maka kemungkinan bayi anda mengalami juling.
Penyebab penyakit mata juling
  • Mata juling sering disebabkan oleh ketidakseimbangan otak dalam mengkoordinasikan mata. Dapat juga disebabkan oleh ukuran kacamata abnormal (contohnya hiperopia tinggi atau miopia tinggi), atau apapun yang menghalangi pandangan satu mata. (contohnya katarak anak atau kelainan mata lainnya). Kadang kala, dapat juga di sebabkan oleh ketidaknormalan saraf yang membentuk otot mata atau ketidaknormalan otot mata atau jaringan di sekelilingnya dalam soket mata.
  • Mata juling yang disebabkan oleh salah satu mata yang malas sehingga salah satu mata bayi tidak aktif melihat sehingga koreksi yang dapat anda lakukan adalah dengan menutup mat bayi normal sehingga mata yang malas pada bayi dapat terlatih.
  • Penyebab lainnya adlaah keterbatasan penglihatan, yang ini disebabkan karena rabun dekat sehingga diperlukan kacamata plus pada saat anak anda mulai dewasa. Keterbatasan penglihatan yang dapat anda deteksi sejak dini adalah salah satunya perbedaan kemampuan melihat antara kanan dan kiri.
  • Penyebab mata juling selanjutnya adalah otot mata yang panjang sebelah sehingga diperlukan operasi. Operasi yang dilakukan dapat lebih dari satu kali. 
Periksakan kesehatan mata secara berkala, dan minum obat herbal khusus mata berbahan dasar alami blueberry. Pastikan obat herbal dan vitamin khusus mata yang dikonsumsi memiliki kandungan lengkap seperti Obat herbal mata Eye Care Softgel dari Green World.

Mata Sehat Pancarkan Keindahan Duniamu

Share this

0 Comment to "Penyebab mata juling pada anak"

Posting Komentar